Klasifikasi penurunan berat badan pada diare

Tahap pengkajian terdiri dari empat tahapan yaitu: Ked Anak-anak bukanlah orang dewasa yang berbadan kecil. Keadaan ini terutama terdapat pada bayi dan anak berumur dibawah 2 tahun. Kehilangan air dan elektrolit dehidrasi yang mengakibatkan terjadinya gangguan keseimbangan asam basa asidosis metabolik, hipokalemia, dan sebagainya 2.

Sementara itu, tanda perbaikan hidrasi dapat dipantau melalui turgor, kesadaran dan kemampuan anak untuk minum setiap setidaknya 1 jam. Sebagaimana derajat dehidrasi yang lain, diare tanpa dehidrasi juga memerlukan pemberian suplementasi zinc dengan dosis dan lama pemberian serupa.

Berat badan turun, pada bayi ubun-ubun besar cekung, tonus dan turgor kulit berkurang, selaput lendir mulut dan bibir terlihat kering.

Diare dapat juga terjadi karena terbatasnya kemampuan penyerapan usus besar pada keadaan sakit, misalnya karena virus, disentri basiler, ulkus, tumor dan sebagainya.

Diare Akut Pada Anak (Pedoman Tatalaksana Diare Akut dari WHO)

Bagaimana penatalaksanaan dari diare? Mata biasanya masih akan cekung meski hidrasi sudah membaik sehingga tidak menjadi patokan untuk pemantauan.

Pemberian obat-obatan. Bila jumlah cairan yang masuk dan keluar setiap hari selalu seimbang, tidak akan terjadi diare atau defisit cairan, tetapi pengeluaran cairan melebihi pemasukan seperti pada diare akan terjadi defisit cairan tubuh yang lebih dikenal dengan dehidrasi.

Diare Akut Klinik dan Laboratorik. Keadaan dalam lumen usus yang hiperosmolar ini kemudian akan menyerap air dari intraseluler, diikuti peningkatan peristaltik usus sehingga terjadi diare osmotik.

Secara praktis dikatakan diare bila frekuensi buang air besar lebih dari tiga kali sehari dengan konsistensi cair Sudoyo, Tujuan Penulisan 1. Meningkatnya motilitas dan cepatnya pengosongan pada intestinal merupakan gangguan absorbsi dan sekresi dari cairan dan elektrolit yang berlebihan.

Obat-obat yang dapat menyebabkan diare akut adalah antibiotik, digitalis, laksatif, manitol, metformin, misoprostol, quinidin, sorbitol dan teofilin. Virus adalah penyebab yang paling besar, yaitu rotavirus, norwalk,danadenovirus.

Infeksi diare terjadi karena kontaminasi makanan dan air. Diare Kronik Diare kronik adalah diare yang terjadi lebih dari 14 hari. Setelah itu virus masuk ke dalam epitel usus halus dan menyebabkan kerusakan di bagian apikal vili usus halus.

ASUHAN KEPERAWATAN PADA ANAK DENGAN “DIARE”

Infeksi enteral adalah infeksi saluran pencernaan makanan yang merupakan penyebab utama diare. Dalam keadaan normal, pengeluaran air dari tubuh anak usia tahun sekitar ml sehari. Buang air besar yang sering dengan tinja normal atau bayi yang hanya minum ASI kadangkala tinjanya lembek tidak disebut diare.

Diare Patofisiolgi Klasifikasi Dan Manifestasi Klinis

Fisiologi dan Patofisiologi Sebagai akibat dari diare akut maupun kronik akan terjadi: Anak yang mengalami diare selalu memiliki risiko mengalami dehidrasi.

Bagaimana asuhan keperawatan dari diare? Suplemen makanan yang bisa menyebabkan diare akut yaitu Echinacea, ginseng, dan Aloe vera.

Jika anak justru nampak menjadi dehidrasi berat, tatalaksana akan dilakukan sesuai dengan terapi pada dehidrasi berat di atas.Perbedaan Status Gizi dan Penyakit Infeksi pada Anak.

Klasifikasi terbaru digunakan untuk diare akut yang masih terjadi selama lebih dari 7 hari, yaitu diare memanjang (prolonged diarrhea). Apabila menghadapi seorang anak yang diare, kita harus memperhatikan komplikasi utama yang dapat terjadi, yaitu status dehidrasi. Diare sebagai salah satu penyakit yang masih sering terjadi di Indonesia dapat disebabkan oleh berbagai hal.

Salah satu penyebab yang sering luput dari perhatian kita adalah diare akibat infeksi. Penurunan jumlah netrofil (disebut netropenia) dijumpai pada penyakit virus, leukemia (limfositik dan monositik), agranolositosis, anemia defisiensi besi (ADB), anemia aplastik, pengaruh obat (antibiotic, agen imunosupresif).

Status cairan kembali batas normal, dengan kriteria: nilai elektrolit dalam batas normal, tidak ada penurunan berat badan, menyangkut kelemahan, tidak ada diare, kulit kenyal.

· Intervensi 1.)Author: BINTANG. Diare pada Anak Klasifikasi Diare Berdasarkan kausalnya, diare diklasifikasikan menjadi diare spesifik dan non spesifik: a) Diare spesifik Diare yang disebabkan oleh infeksi yang spesifik dari bakteri, parasit atau virus tertentu.

b) Diare non spesifik Diare non spesifik disebabkan oleh pencetus selain infeksi spesifik tertentu seperti makanan, stress ataupun gizi. Berdasarkan lama waktu diare.

Klasifikasi penurunan berat badan pada diare
Rated 5/5 based on 79 review